Posted by : Unknown Jumat, 01 November 2013

Tabel sering ditemukan dalam pekerjaan sehari-hari, terutama jika Anda bekerja di bagian keuangan atau bahkan hampir di semua departemen melibatkan tabel sebagai pekerjaan. Biasanya tabel berisi list data atau angka dari tahun tertentu yang digunakan untuk menggambarkan perubahan dari periode satu ke periode lainnya.
Bekerja dengan tabel ternyata sangat mudah, tapi bagi pengguna pemula, tabel adalah malapetaka, untuk itu saya akan coba ulas tips sederhana seputar tabel yang barangkali masih asing buat Anda.

Membuat Tabel Excel di Microsoft Word

Anda tentu paham bahwa Microsoft Excell mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam mengolah data, tapi apakah Anda tahu bahwa dengan Microsoft Word pun Anda tetap bisa mengolah data tanpa harus menjalankan program Excel. Caranya mudah sekali.
  • Klik menu ribbon Insert, kemudian klik Table dan klik opsi Excel Spreadsheet.
tabel
  • Sesaat kemudian akan muncul tabel Excel di dokumen Word Anda, dari sana Anda dapat mulai memproses data layaknya di Microsoft Excel.
tabel_2

Membuat Tanda Tangan 3 Baris dengan Rapi dan Benar

Membuat form tanda tangan 3 baris atau bahkan 2 baris bukan perkara mudah, kenyataannya saya seringkali menemukan banyak form tanda tangan entah itu surat perjanjian kerja atau surat pernyataan yang biasanya ditanda tangani oleh 2 orang atau lebih. Form yang benar haruslah rapi dan lurus, form satu dan yang lainnya tidak saling terkait sehingga ketika ada perubahaan posisi, form lain tidak akan terganggu.
  • Seperti membuat tabel excel tadi, klik menu ribbon Insert- Table dan pilih 3 kolom atau sesua dengan jumlah tanda tangan yang ini Anda buat.
tabel_3
  • Saya asumsikan Anda sudah membuat tabel seperti ini, ini adalah tabel di mana nanti peserta atau orang yang terlibat dalam surat perjanjian membubuhkan tanda tangan, form ini rapi tapi garisnya kelihatan sehingga terlihat tidak formal atau sedikit aneh.
tabel_4
  • Selanjutnya kita akan menghapus garis tabel, klik kanan pada sudut sebelah kiri atas tabel dan klik Borders and Shading.
tabel_5
  • Kemudian pilih opsi None dan klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.
  tabel_6
  • Hasilnya, ini dia. Garis tabel hilang dan form tanda tangan terlihat sempurna. Jika Anda melakukan perubahan apapun di salah satu form, form lain tidak akan terganggu.
tabel_7
Itu tadi tips bekerja dengan tabel di Microsoft Word, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Aku dan Kawan-Kawan

- Copyright © Nur Safie -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -