Posted by : Unknown Jumat, 12 April 2013

Belajar dari Pengalaman

Amatilah semua acara reality show di televisi. Hampir semua acara tersebut mengharuskan semua peserta untuk dapat bercerita. Nah, pada pembelajaran ini kamu pun akan belajar bercerita yang baik, runtut, mudah dipahami, dan pengalaman yang kamu ceritakan dapat diambil hikmahnya oleh para pendengar. Kemampuanmu bercerita akan lengkap apabila kamu juga memiliki pengetahuan yang luas melalui kegiatan membaca. Dalam pembelajaran ini kamu akan belajar membaca cepat sekaligus belajar menarik simpulan dari teks yang kamu baca. Keterampilan berbahasamu akan lengkap jika kamu juga bisa bersastra, yaitu menulis pantun. Kemampuanmu dalam menulis pantun ini akan memberi nilai tambah penampilanmu dalam berbahasa lisan di depan umum karena pantun dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan suasana.

A. Bercerita tentang Pengalaman yang Paling Mengesankan

Tidak ada pengalaman yang sia-sia. Ada pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Ini berarti kita dapat belajar dari pengalaman, baik pengalaman yang kita alami sendiri maupun pengalaman orang lain. Agar kamu dapat menceritakan pengalamanmu yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan ungkapan peribahasa yang menarik, kamu akan melakukan serangkaian aktivitas berikut: (1) mengamati contoh pengalaman yang mengesankan, (2) menemukan ciri pengalaman yang mengesankan, (3) memilih pengalamanmu yang paling mengesankan untuk kamu ceritakan, (4) membuat kerangka cerita, dan (5) menyampaikan cerita yang telah kamu susun kerangkanya tersebut secara lisan dengan memberdayakan ungkapan/peribahasa.

2. Menemukan Ciri Pengalaman yang Mengesankan

Setelah kamu membaca tiga contoh pengalaman tersebut, kemudian diskusikanlah jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam kelompokmu masing-masing!
Pertanyaan Pemandu Diskusi
a. Apakah yang dimaksud dengan pengalaman mengesankan menurut kelompok-mu?
b. Apakah pengalaman mengesankan itu dapat berisi peristiwa: lucu atau kocak, menyedihkan, menyenangkan, atau menegangkan?
c. Menurut kelompokmu manakah pengalaman yang mengesankan dari bacaan tersebut?
d. Berikan alasan mengapa mengesankan?
e. Aspek-aspek apa yang membuat kelompokmu terkesan?
f. Selain dari segi isi yang diceritakan, apakah pengalaman mengesankan juga dapat dilihat dari cara menceritakan dan bahasa yang digunakan?
g. Apakah penggunaan ungkapan atau peribahasa dapat menambah kemenarikan cerita tersebut?
h. Catatlah ungkapan atau peribahasa yang terdapat pada contoh-contoh itu dan temukan maknanya!

3. Mengidentifikasi Beragam Pengalaman yang Mengesankan
Setelah kamu mengamati beragam contoh pengalaman yang mengesankan tersebut, secara individual daftarlah beberapa pengalamanmu yang berkesan selama ini!
Contoh:
Kejutan di pesta ulang tahunku
Bajuku sama dengan baju temanku
Menerima surat dari teman sekelas
Memperoleh NUN tertinggi
Pandangan pertama yang tak bisa kulupakan Pilihlah satu pengalaman yang menurutmu paling mengesankan untuk kamu ceritakan!

4. Menyusun Kerangka Cerita

Kembangkanlah kerangka cerita dari pengalaman yang telah kamu pilih tersebut dengan mengurutkan peristiwa-peristiwa yang kamu alami!

  • Ayah dan ibu pergi pada hari ulang tahunku
  • Aku sedih, kecewa, dan marah
  • Pulang sekolah suasana rumah sepi
  • Aku curiga banyak hiasan di ruang makan
  • Ternyata semua keluarga berkumpul dan
membuat kejutan untukku

Untuk materi yang lebih lanjut silahkan download file nya di bwah ini :

DOWNLOAD

Selamat Belajar. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Aku dan Kawan-Kawan

- Copyright © Nur Safie -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -